Dari Job Tender Ke Job Tender

Diawal tahun 90an ketika diadakan Restrukturisasi di WITEL-04 (DIVRE-2 sekarang), dimana Dinas-Dinas Pendukung/Support dibubarkan dan karyawannya disalurkan masuk ke KANDATEL di seluruh WITEL 04. Aku kebagian masuk ke KANDATEL JakPus, karena secara kebetulan saat itu aku masih masuk CMG (Centralized Maintenance Group) nya Sentral Telex EDX-C dan yang terbesar ada di STO GB. Sebagai karyawan eks Dinas Pendukung aku masuk ke Dinas Teknik yang selanjutnya dalam perjalanan waktu berganti nama menjadi Dinas OpHar SENTRADAYA.

Nah dengan adanya Restrukturisasi ini maka organisasi di KANDATEL bertambah khususnya untuk tingkat Urusan dan Sub Dinas. Bila di KANDATEL lain pengisian formasi dilakukan secara langsung, maka di KANDATEL JakPus lain dari yang lain, atas inisiatif KAKANDATEL JakPus (waktu itu KAKANDATEL JakPus adalah pak WB) dilakukan Job Tender. Semua karyawan setingkat KASI (Kepala Seksi) di wawancara oleh para KABAG/KADIN/KASENTEL plus KAKANDATEL nya sendiri. Hasilnya, Alhamdulillah aku mendapat tugas baru menjadi Kasubdin Transmisi di Dinas OpHar SENTRADAYA di KANDATEL JakPus. Inilah Job Tender pertama yang aku ikuti !

Selanjutnya Job Tender yang kedua, awalnya aku tidak tahu kalau ini akan berakhir di Job Tender karena diawal tahun 2000 semua karyawan setingkat KAUR & KASUBDIN di DIVRE-2 dilakukan Asessment dan terakhir sekali aku dipanggil untuk mengikuti Job Tender dengan persyaratan mempresentasikan suatu program sesuai pilihan dan di wawancara oleh 3 orang setingkat GM. Ini adalah system Job Tender pertama di DIVRE-2 saat itu dan akhirnya aku berhasil dan mendapat amanah untuk menjadi KADINJAR di KANDATEL JakSel.

Job Tender yang selanjutnya yang aku ikuti adalah Job Tender untuk posisi Deputy GM KANDATEL di DIVRE-2. Kali ini aku gagal dalam Job Tender ini, tetapi aku merasa puas dan bisa membanggakan diriku sendiri karena dari 115 peserta (kalau tidak salah) yang memiliki NIK 52xxxx hanya 3 orang termasuk aku dan pada saat dilakukan feed-back hasil Job Tender ternyata aku mendapat urutan lulus yang ke 36 dari 115. Untuk aku, ini suatu prestasi tersendiri, mengingat aku hanya lulusan D3 sedangkan mayoritas peserta adalah S1 atau S2. Hasil Job Tender ini juga memacu aku secara pribadi dengan terus belajar dan belajar untuk meningkatkan performa diriku sendiri sekaligus khususnya untuk mendukung pekerjaan dan tugas-tugasku.

Sumber : Andige's Blog

1 comments:

Martha's Blog said...

Wah.. ternyata Pak. Andi sudah mengenal Job Tender sejak tahun 1990 ya.. kirain teh yang duluan menyelenggarakan Job Tender adalah Mitra KSO.. saluut atuh utk Divre-II.
Ada pengalaman saya ikut Job Tender pertamakali di tahun 1996 (Kakandatel di lay off) disuruh ngelamar.. pada waktu bathin ku rada-rada refused soalnya nggak biasa sih harus ngerebutin kursi Jabatan.. menjelang pelaksanaan saya persiapan sebisa-nya termasuk beli buku wawancara dalam bahasa English.. hik.. hik jadi pengen ketawa.. yang penting-penting diapalin sebisanya dan dibuat contekan-nya .. karena yang menguji ada 3 orang BOD orang Indonesia, Australia dan Jepang.. pastilah pake Bahasa Inggris.
Aku pura-pura mencatat pertanyaan dfari beliau-beliau.. padfahal sih lihat contekan.. he.. he nakalan ya.!
Pak. Andi kalau bicara tidak lulus sih banyak teman-nya ha.. ha saya tahun 2001 dan 2002 tidak lulus juga ikut Job Tender.. Deputy GM.

Wassalam