Kenangan Saat Dinas Malam Pertama

Ditempat aku bekerja, semua teknisi Telegrap dituntut untuk mengerti dan memahami operasi dan pemeliharaan semua perangkat-perangkat operasional antara lain : Sentral Telex, Perangkat Transmisi Telegrap, Terminal Telegrap atau lebih dikenal dengan Teleprinter atau Pesawat Telex berikut perangkat asesorisnya sampai dengan Genset. Bahkan yang unik saat itu, juga harus memahami perangkat untuk pengiriman & penerimaan berita menggunakan Morse termasuk perangkat transmisi yang menggunakan kawat tembaga maupun Radio Analog sebagai media carrier / transmisi nya.

Nah, ketika aku harus bertugas malam hari (ditempatku bekerja saat itu ada tiga shift : pagi, siang dan malam) yang harus dilakukan sendirian mengingat kalau malam hari, relatif kegiatan operasional sudah jauh berkurang, hanya perbankan saja yang masih sering menggunakan komunikasi via telex sampai tengah malam.

Oh iya, Kantor tempatku bekerja adalah sebuah bangunan tua bekas peninggalan jaman Belanda (bisa dibayangkan kunonya kantorku), lantai untuk memasang perangkat sentral dan lainnya saja masih terbuat dari kayu (entah kayu apa, yang jelas sudah lama tapi masih tetap kuat!). Ditambah cerita-cerita seram yang aku dengar dengan "kekunoan" bangunan kantor serta kebetulan juga tidak jauh dibelakang kantorku terletak "Kamar Mayat" sebuah Rumah Sakit Angkatan Darat.

Nah dengan kondisi demikian aku melaksanakan tugasku untuk Dinas Malam. Menjelang tengah malam ada satu Selector Incoming (Sentral Telex saat itu masih menggunakan selector, sentral TW-39 buatan Siemens atau lebih dikenal dengan system step by step) bergerak secara kontinyu. Aku lihat dari kejauhan lampu indikasi Trunk dengan Jakarta menyala dan padam bergantian seiring dengan gerak selector. Aku hanya berpikir positif, kemungkinan rekan Jakarta sedang melakukan Test Trunk tetapi anehnya mengapa tetap hanya satu trunk saja yang menyala dan satu selector yang bergerak padahal semuanya ada 9 trunk Out-Going ke arah Jakarta dan 9 Selector Incoming. Karena penasaran, aku mendekat ke rack tempat indikator dan selector tersebut, tetapi apa yang terjadi setelah aku disitu ! Semua selector itu tiba-tiba bergerak serentak dan langsung release kembali secara bersamaan dengan suara berderak yang sangat-sangat mengagetkan ! Satu selector saja sudah keras bunyinya apalagi sembilan secara bersamaan ! Aku begitu terkejut dan terkesima dengan kondisi saat itu, karena secara teori teknis tidak mungkin hal itu terjadi. Setelah itu, semua Trunk dan Selector normal kembali bahkan tidak ada lampu menyala dan selector yang bergerak sama sekali sampai pagi harinya. Rupanya "penghuni" kantorku ingin "berkenalan" denganku karena malam-malam selanjutnya bila aku dinas tidak pernah lagi mengalami hal tersebut. Kejadian dinas malam pertama ini tidak pernah aku lupakan, sampai sekarang !

0 comments: