Mengoperasikan & Memelihara 3 Generasi Sentral Telex

Mungkin aku termasuk orang yang beruntung dari sekian banyak karyawan Telkom, karena bisa mengikuti untuk mengoperasikan & memelihara Sentral Telex dari Generasi yang pertama sampai Generasi selanjutnya.
Sentral pertama yang aku tangani adalah Sentral Telex type TW-39 buatan Siemens. Sentral ini masih sentral mekanik yang menggunakan selector untuk melakukan pemilihan digitnya. Pemilihan digit/angka masih menggunakan relay mekanik yang selanjutnya diteruskan untuk "menangkap" selektor yang bebas dimulai dari Pre Selector (PS), kemudian Group Selector (GW) dan terakhir Final Selector (LW). Mengoperasikan dan memelihara Sentral ini "relatif mudah" mengingat perangkatnya masih "besar-besar".

Selanjutnya Generasi kedua yang aku tangani adalah Sentral Telex TWK-9 juga buatan Siemens. Sentral ini menggantikan Sentral TW-39. Sentral ini sudah mulai menggunakan relay electonic & mecanic dan system operasinya menggunakan Common Control. Mengoperasikan Sentral ini sedikit rumit, karena kelemahan sentral ini adalah relay mekanis nya mudah aus sehingga bila sudah aus atau rusak harus diganti. Semua pekerjaan perbaikan dan mengatasi gangguan dilakukan oleh petugas sentral sendiri. Aku pernah mengalami gangguan sentral yang sedemikian rumitnya sehingga baru selesai setelah bekerja selama 4 hari & 3 malam. Bila sudah ada gangguan kita harus membuka semua dokumen sirkit yang terkait, hand book serta catatan sewaktu pelatihan.

Generasi ketiga adalah Sentral Telex EDX-C juga masih buatan Siemens. Sentral ini menggantikan Sentral TWK-9, untuk mengoperasikan & memelihara sentral EDX-C ini aku bahkan sempat terpilih untuk mengikuti Training di Muenchen Jerman khusus mempelajari DataBase Sentral. Sayangnya, aku tidak lama ikut mengoperasikan dan memelihara sentral EDX-C ini karena dengan perjalanan waktu aku harus mutasi ke unit kerja lain. Dan selanjutnya dengan perkembangan teknologi saat ini, Sentral EDX-C akhirnya dilakukan cut-off pada September 2007 dimana aku sendiri sudah menjalani MPP.

1 comments:

Martha's Blog said...

nah.. nemu lagi tulisan tentang teknologi jaman dahulu.. tapi sebenarnya untuk rekans teknisi telegraph sejak dulu sudah mengenal istilah binary.. baud rate etc. jadi kalau beliau-beliau inijumping ke IT udah deket ya.. apalagi kalau bidang hardware computer (WT1000 udah computer kan).... temen teknisi telegraph sudah lari selangkah tuh dari teknisi bidang lainnya... tapi ada juga loh dari teknik ME alias catudaya yang lari Ke IT hee.. hee itu mah dipaksa sama Pak. Boss.
Sekitar tahun 1984.. kita pasang Fastel Temporer di event Restorasi Candi Borobudur... eh..belum seperti sekarang kirim photo pake facebook.. tinggal upload, dulu itu ada yang namanya tele photo.. jadi wartawan luar negeri seperti reuters kirim-nya lewat ktr telegraph.. tuh basically telegraph/telex juga tuh.
Ayoo Pak. Andi dikupas juga speech plus.. udah banyak yang lupa teknologi tsb.

wassalam,