Roda Terus Berputar, Regenerasi Terus Berjalan

Hari senin sore tanggal 6 Oktober 2008 yang lalu, aku dihubungi salah satu rekanku yang masih aktif bekerja. Dia memberitahu kalau menerima pemberitahuan mendadak untuk berangkat ke Denpasar dan akan menduduki posisi baru setingkat lebih tinggi dari Jabatan sebelumnya. Aku sangat senang mendengar informasi ini, karena aku tahu banget teman yang satu ini memang punya potensi yang baik dan pantas untuk menerima promosi. Surprisenya juga karena dia menggantikan pejabat lama yang usianya berbeda 13 tahun lebih tua, Generasi muda mulai berperan dan regenerasi terus berjalan.

Flash back sekitar 8 tahun yang lalu ketika aku berhasil lulus Job Tender dan harus memimpin suatu Bagian yang besar sekali dan membawahi ratusan orang SDM (padahal sebelumnya hanya membawahi 8 orang saja), rekan yang aku sebutkan diatas adalah salah satu Asisten ku. Dia memang Asisten yang paling muda diantara 6 orang Asisten ku yang lainnya, sehingga sering disebut sebagai Si-Bungsu. Dia pula satu-satunya Asisten-ku yang mendapatkan S2 paling duluan dimana aku sendiri hanya punya ijazah terakhir D3.

Roda terus berputar, dan Asisten ku yang satu ini akhirnya juga mendpatkan promosi untuk memimpin suatu bagian dalam Kantor yang sama denganku, Bahkan ketika aku di mutasikan ke Bagian lain setahun sebelum aku pensiun, teman satu inilah yang menggantikan salah satu posisi yang aku tinggalkan. Bila sebelumnya aku menangani Operasi dan Pemeliharaan sendiri, maka Bagian ini kemudian dipecah menjadi Bagian Operasi sendiri dan Bagian Pemeliharaan sendiri. Nah temanku yang satu ini dipercaya untuk memangani Bagian Operasi nya.

Mengingat persyaratan untuk menduduki suatu posisi semakin ketat, sedangkan usiaku juga semakin bertambah maka aku hanya bisa belajar secara self learning saja, mengingat rekan-rekan yang bekerja bersamaku dulu banyak sekali yang mempunyai ijazah S1 dan S2. Dan aku juga terus mendorong rekan-rekanku lainnya untuk terus sekolah dan sekolah, sehingga banyak rekan yang di level staf saja mempunyai Ijazah S1. Namun akhirnya, yang berkualitas lah yang terus bisa maju dan naik karier nya mengingat semakin keatas semakin ketat persaingannya. Dan disaat aku memasuki usia pensiun, sudah ada beberapa rekan kerjaku yang di promosikan sesuai dengan kemampuan masing-masing termasuk temanku yang aku ceritakan disini, mendapatkan promosi disuatu posisi yang belum pernah aku capai.

Sumber : Aki Gaul

0 comments: