Telegrap

Mungkin saat ini banyak orang kalau ditanya tentang Telegrap mungkin sudah tidak tahu lagi. Bahkan di Telkom sendiri pun untuk Generasi yang masuk di tahun 1990 an pun mungkin sudah banyak yang tidak mengetahuinya walaupun Telegrap sendiri pernah digunakan dan diandalkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia.

Secara harafiah Telegrap diartikan sebagai Tele = Jarak Jauh dan Grap = Tulisan dan bila dirangkaikan Telegrap = Tulisan Jarak Jauh atau kalau diterjemahan secara luas berarti Pengiriman & Penerimaan Berita dengan jarak jauh. Telegrap sendiri diketemukan oleh seorang peneliti Amerika Seerikat yang bernama Samuel F.B. Morse bersama asisten nya yang bernama Alexander Bain yang saat itu pengiriman dan penerimaan berita menggunakan Kode Morse. Kode Morse ini sampai saat ini masih digunakan di Indonesia khususnya oleh para pecinta Radio Amatir.

Dalam perkembangan selanjutnya Telegrap mengikuti perkembagan teknologi yang terus menerus berubah sampai dengan diketemukannya Telegrap dengan menggunakan system elektromagnet yang selanjutnya berubah lagi dengan menggunakan elektromagnet receiver dimana kode-kode yang menggunakan dasar kode morse diubah menjadi kode dengan menggunakan tulisan.

Di Indonesia sendiri, Telegrap mulai digunakan sejak tanggal 23 Oktober 1855 oleh Pemerintahan Hindia Belanda yang digunakan untuk mengirim dan menerima Berita antara Batavia (Jakarta) dengan Buitenzorg (Bogor). Dan dalam perkembangan selanjutnya, teknologi telegrap sendiri tetap digunakan Telkom untuk melayani masyarakat dan aku sendiri mengalami Era pelayanan Telegrap dengan menggunakan Morse sampai dengan Era penggunaan Sentral Telex.

1 comments:

Martha's Blog said...

Pak. Andi, tulisan Bapak mengingatkan kami waktu masih dinas di PT. Telkom, saya ingat waktu itu tahun 2000 an gentex sempat diganti dengan aplikasi di web... tapi saya lupa namanya .. eeh katanya inget, alasan waktu itu sentral telex mau di lay off namun karena masih ada pelanggan-nya (per bank-an) malah katanya di Australia waktu itu masih hidup... tapi ada juga yang sudah di lay-off yaitu Datel Jayapura.
Pak. Andi sekedar saran kalau Bapak nemu photo mesin telex or morse.. sebaiknya di-upload untuk melengkapi tulisan yad.
Selamat ya.. tambah lagi tulisa-nya.
Wassalam,
Mucharam