Kuncen STO Gambir

Pertama sekali aku bertugas di WITEL-IV Jakarta pada medio tahun 1985, aku ditugaskan oleh KADINTEKTRAGRAP (Kepala Dinas Teknik Transmisi & Telegrap) untuk bekerja di SUBDIN Telex yang saat itu lokasi kantornya ada di STO Gambir Jl. Merdeka Selatan Jakarta Pusat. Penugasan pertama sebagai staf KASI Sentral Telex Tandem, walaupun keahlianku ada di Sentral Telex Lokal. Saat itu Sentral Telex Tandem menggunakan type Sentral TWK-D2A dan untuk Sentral Telex Lokal nya menggunakan type Sentral TWK-9. Walaupun aku hanya bertugas selama sekitar 8 bulan di Seksi Sentral Telex Tandem, tapi disitulah aku mulai bekerja di STO Gambir.

Penugasan selanjutnya awal 1986, aku ditugaskan sebagai Kasubsi (Kepala Sub Seksi) Sentral Telex Lokal Jatinegara yang ber lokasi di STO Jatinegara-II atau lebih dikenal saat itu sebagai STO Prumpung yang sekarang menjadi Gedung Kandatel Jakarta Timur atau Divisi Access. Saat itu STO Jatinegara-II masih sepi karena hanya ada satu Gedung yang digunakan untuk Sentral Telepon, Sentral Telex & Perangkat Transmisi untuk HAS (Hubungan Antar Sentral) yang un-attended dan petugas Jaringan Akses. Aku bertugas di Sentral Telex Lokal Jatinegara sampai akhir tahun 1989.

Penugasan selanjutnya, aku mendapat Promosi Jabatan sebagai Kasi (Kepala Seksi) Multiplex Analog yang lokasinya ada di lantai 6 Gedung-B STO Gambir sehingga aku kembali bekerja di STO Gambir. Penugasan ini adalah penugasan yang terpendek, karena hanya sekitar 3 bulan aku sudah di mutasikan kembali ke Sentral Telex dan ditugaskan sebagai Kasi SPC-II yang berkantor di STO Gambir dan membawahi Sentral Telex Lokal Gambir, Sentral Telex Lokal Kota-II dan Sentral Telex Lokal Jatinegara. Saat itu Sentral Telex sudah menggunakan type Sentral Telex EDX-C.

Seiring dengan perubahan Struktur Organisasi di WITEL-IV saat itu pada tahun 1990 an, dimana Dinas-Dinas Teknik Pendukung seperti DINTEKTRAGRAP (Dinas Teknik Transmisi & Telegrap), DINTEKSENPON (Dinas Teknik Sentral Telepon), DINTEKJARHUB (Dinas Teknik Jaringan & Hubungan Antar Sentral) & DINTEKDAYA (Dinas Teknik Catu Daya) dilebur dan di integrasikan ke Dinas Teknik yang ada di KANDATEL saat itu. Aku ditugaskan masuk ke KANDATEL Jakarta Pusat dan penugasan pertama sebagai Kasi Sentral Telex di SENTEL (Sentral Telekomunikasi) Gambir yang selanjutnya seiring dengan re-organisasi baru masuk ke Dinas Teknik yang kemudian namanya berubah menjadi Dinas OPHAR-SENTRADAYA (Operasi & Pemeliharaan Sentral, Transmisi & Catudaya) KANDATEL Jakarta Pusat. Di Struktur Organisasi baru ini aku mendapat kepercayaan dan di promosikan sebagai Kasubdin (Kepala Sub Dinas) Transmisi yang selanjutnya sebutan ini berubah menjadi Asman (Asisten Manager) Transmisi sesuai dengan sebutan nama Organisasi baru dan berakhir menjadi Asman Transmisi karena re-organisasi baru pada akhir tahun 1997 dimana Dinas OPHAR SENTRADAYA di seluruh KANDATEL dilebur dan menjadi Unit Pengelola Network Regional (UPNR) dan aku ikut di mutasikan menjadi Kasubdin Dukungan Pelanggan pada Dinas Pelayanan Network Regional (DINYANNET) yang berlokasi kerja di Jl. Gatot Subroto.

Dari sekian banyak penugasan yang aku ceritakan diatas, aku memang banyak bekerja di lokasi STO Gambir dan karena banyak bertemu orang yang pernah bekerja di STO Gambir dan sudah di mutasikan kemana-mana atau rekan kerja lain yang sering bertemu dan mengetahui aku masih juga bekerja di STO Gambir maka muncul sebutan "Kuncen Gambir" sebagai sebutan ku diantara teman2 karena begitu lamanya aku bertugas dan bekerja di STO Gambir walaupun dengan berbagai macam penugasan yang telah aku laksanakan.

2 comments:

Asep Saepudin said...

Kangen sama temen2 blogger ki, mereka pada kemana ya? cuma Dian yang masih sering komunikasi... Gimana kabar Aki? sehat2 saja ya ki..
Salam buat keluarga.

AKI-G@UL said...

Alhamdulillah dan terimakasih Kang Asep sudah berkenan singgah di Blog saya. Iya neh Kang aku juga banyak kehilangan teman2 Blogger, tapi kalau aku ya salahku sendiri, Blog ku juga kebanyakan jadinya temen2 juga bingung mau singgah di Blog yang mana. Sekali lagi terimakasih dan salam juga untuk keluarga ....