Oktoberfest

Beberapa saat yang lalu aku melihat kemeriahan acara pembukaan Oktoberfest 2010 pada tanggal 18 September yang lalu di Muenchen melalui TV. Aku menjadi teringat, 22 tahun lalu di tahun 1988, sempat melihat kemeriahan acara Oktoberfest 1988 tersebut. Saat itu aku bersama 7 orang rekan lainnya ditugaskan perusahaan untuk mengikuti training tentang Database Sentral Telex type EDX-C yang akan dipasang di Indonesia, yang di adakan di Siemens Training Center, Muenchen, Jerman Barat (saat itu Jerman masih terbagi dua, Jerman Barat dan Jerman Timur)

Acara Oktoberfest itu sendiri merupakan acara atau festival tahunan yang bersifat internasional dan diadakan di kota Muenchen, yang dimulai setiap akhir September sampai awal Oktober (dua mingguan). Oktoberfest ini di pusatkan di Theresienwiese atau lebih dikenal dengan sebutan "d'Wiesn". Di acara Oktoberfest ini, acara utamanya adalah Pesta minum Bir dan jangan heran bila minum bir disini gelas yang digunakan besar-besar yang ukurannya diatas 1 liter.

Sebagai trainer di Siemens Training Center, dan kebetulan menjelang selesainya acara trainiing,kami di undang resmi oleh Siemens untuk menghadiri acara Pesta Bir tersebut. Peserta yang ikut serta selain dari Indonesia, ada satu orang dari New Zealand dan satu orang dari Peru. Dengan didampingi oleh instruktur dari Siemens,kami masuk kedalam tenda besar yang disebut Bierzielt yang mampu menampung ribuan orang dan kami mencoba untuk minum Bir yang saat itu khususnya peserta dari Indonesia yang bukan peminum bir merupakan masalah besar ketika kami harus minum bir dalam gelas ukuran 1,5 liter. Tapi dengan berbagai macam cara tanpa harus menyinggung yang mengundang kami, Bir dalam gelas berkurang isinya tanpa kami harus meminumnya. Tapi ada satu orang rekan yang nekad mencoba minum sampai habis yang akhirnya berdampak ketika pulang ke apartemen dia ketiduran di dalam U-Bahn (kereta api bawah tanah) sampai terbawa ke pemberhentian terakhir karena nyenyak sekali tidurnya.

Selain acara minum bir ini, aku juga sempat melihat karnaval yang dadakan dengan berjalan mengelilingi kota Muenchen. Menarik sekali karnaval ini karena bisa melihat pakaian yang dikenakan khas Bavaria baik yang dikenakan oleh pria atau wanitanya. Banyak atraksi yang ditampilkan dari musik sampai perlatan kuno dibawa mereka dan ditampilkan dalam karnaval tersebut. Mungkin acara Oktoberfest 2010 yang diadakan sekarang jauh lebih meriah daripada Oktoberfest tahun 1988 yang lalu karena perkembangan budaya dan lain sebaginya pasti mempengaruhi aktivitas tersebut. Sekarang hanya bisa bermimpi saja, kapan bisa melihat Oktoberfest lagi di Muenchen. Yang jelas, aku membawa kenangan berupa Gelas besar cinderamata dari Siemens sebagai kenang-kenangan Oktoberfest 1988.

1 comments:

kips said...

Kenangan yg indah ki, terlebih gelasnya dapat dibawa pulang :D