Telegram Indah

Disaat suasana Lebaran seperti saat ini, sebagai mantan insan telekomunikasi dimasa lalu, tentunya akan teringat dengan adanya "Telegram Indah" yang digunakan oleh Masyarakat untuk menyampaikan ucapan selamat lebaran kepada sanak-saudara atau rekan-rekan sejawatnya, khususnya bagi mereka yang tidak bisa melaksanakan mudik pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Selain dalam rangka menyambut Lebaran, biasanya Telegram Indah juga disediakan pada saat menyambut datangnya Natal & Tahun Baru. Ada juga Telegram Indah yang disediakan untuk memberikan Ucapan Selamat baik untuk Ulang Tahun, Pernikahan dan lainnya. Pada masa nya, Telegram Indah ini sangat diminati masyarakat karena tarifnya murah dan penyampaiannya juga relatif cepat.

Sebagai petugas Teknik, apabila tiba saatnya untuk menyiapkan fasilitas Telegram Indah aku mempersiapkan nomor-nomor yang akan digunakan untuk penambahan fasilitas eksisting yang sudah ada (karena aku kebetulan petugas Sentral Telex). Biasanya menambah nomor untuk Gentex Khusus Kirim maupun untuk Khusus Terima atau mempersiapkan nomor baru untuk membedakan dengan penerimaan telegram biasa. Untuk yang khusus terima biasanya diberikan fasilitas hunting sesuai dengan traffic penerimaan yang pernah terjadi. Sedangkan untuk terminalnya, rekan lain mempersiapkan teleprinter cadangan untuk digunakan untuk pelaksanaan pengiriman dan penerimaan Telegram Indah tersebut.

Kini, Telegram Indah hanya tinggal kenangan termasuk Telegram Reguler, karena dengan perkembangan teknologi menjadikan Telegram tersisih karena "dikalahkan" dengan SMS atau Email atau media elektronik lainnya yang jauh lebih cepat baik dalam pengiriman maupun penerimaan beritanya.

1 comments:

bufardtourdumonde said...

nice moment when the poste office come to our house with one telegram for good news

Nice blog