Yang Aneh Tapi Nyata (1)

Selama 34 tahun bekerja, tentunya banyak sekali aku menemui banyak hal baik yang biasa-biasa saja atau yang "aneh-aneh". Kalau yang biasa-biasa saja mungkin banyak orang yang mengalami hal yang sama tapi kalau hal yang aneh-aneh belum tentu semua orang mengalaminya. Kalaupun mengalaminya, mungkin versinya sedikit berbeda.

Hal pertama yang aneh aku temui, ketika aku bekerja untuk pertama kali di KANDATEX (Kantor Daerah Telegrap & Telex) Palembang, disaat aku melaksanakan Dinas Malam pertama. Cerita lengkap nya pernah aku tuliskan di Blog ini (disini). Walaupun sedikit "menegangkan" tetapi kejadian tersebut tidak pernah aku alami lagi, padahal lokasi tempat aku bekerja saat itu di Gedung yang cukup tua (dibangun sejak jaman Belanda), landasan atau lantai sentral-nya saja masih menggunakan Kayu namun masih sangat kuat untuk menahan beban beratnya sentral dan manusianya.

Kemudian ketika aku mutasi ke WITEL-IV Jakarta (waktu itu) dan penugasan pertama di Sentral Telex Jatinegara-2 atau lebih dikenal dengan sebutan STO Prumpung yang sekarang lebih dikenal sebagai kantor/gedung eks KANDATEL Jakarta Timur. Walaupun saat itu, STO JNG-2 (JT-2) masih sepi karena petugas yang bertugas di STO itu hanya petugas Sentral Telex dan rekan-rekan dari Dinas Jaringan saja karena untuk petugas Sentral Telepon (saat itu Sentral Telepon masih menggunakan type PRX dan EWSD) dan petugas Transmisi HAS tidak ada, karena perangkatnya adalah perangkat yang Un-Attended, tapi relatif aman-aman saja dan aku tidak pernah menemukan hal-hal yang aneh-aneh saat bekerja.

Nah, ketika aku di mutasi ke STO Gambir mulailah aku "mendengar" cerita yang "aneh-aneh" tentang kejadian-kejadian yang di luar akal sehat. Dimulai dari cerita petugas Multiplex Analog di lantai 6 Gedung-B STO Gambir yang dinas malam melihat "paha orang" setinggi lantai 6 sampai dengan cerita para petugas Pengamanan kalau ber patroli lewat di samping kanan STO selalu ada yang "melempari" batu, batunya ada tapi yang melemparnya selalu tidak pernah diketahui.

Yang aku paling ingat ketika ada musibah dengan Sentral EMD yang ambruk saat akan dibongkar. Secara akal sehat dan logika, sentral tersebut tidak mungkin ambruk karena selain memang "besar dan berat" juga dudukan atau pegangan sentral di lantai maupun antar rack juga sangat kuat. Hampir setiap hari aku masuk ke ruangan sentral tersebut yang sudah tidak aktif lagi (sudah off) karena ada satu unit kerja di bawah tanggung jawab ku berada disalah satu sudut ruangan sentral tua tersebut jadi aku bisa "memprediksi" kekuatan sentral tersebut.

Tapi yang namanya musibah, sentral yang besar dan berat itu bisa ambruk di saat petugas yang membongkar sedang istirahat. Memang beberapa rack sudah di lepaskan baut-baut pengikat di lantai (aku tidak tahu persis rencana teknis pembongkaran sentral tersebut) tapi dibagian atas, antar rack masih terikat kuat. Menurut cerita yang ada di lokasi, ada yang melihat muncul makhluk hitam yang lebih tinggi dari manusia tiba-tiba datang dan mendorong rack yang paling pinggir dan dengan "effek domino" maka semua rack yang ada disampingnya ambruk karena "beban berat" dari setiap rack yang ambruk dan makhluk terssebut langsung "menghilang" ketika semua rack sudah ambruk.

Keanehan selanjutnya, ketika beberapa Pejabat dari Kantor WITEL meninjau lokasi dan akan melihat konstruksi lantai dari bawah sentral yang ambruk karena dikuatirkan lantai akan retak dengan jatuhnya sentral yang sangat berat dari ruang MDF yang letaknya tepat di bawah sentral tersebut, tiba-tiba terdengar ada suara ketukan dari lantai atas seolah-olah ada yang masih bekerja di lokasi sentral yang ambruk. Langsung ada rekan yang mengechek ke ruangan sentral tapi tidak diketemukan ada orang sama sekali apalagi ada yang masih bekerja. Aneh tapi nyata, dan lantai sentral juga tidak mengalami retak sama sekali walaupun mengalami "hantaman" yang sangat kuat dengan ambruknya sentral EMD tersebut.

3 comments:

belgaman said...

Menunggu lanjutannya yang no. 2 :D

Mamisinga said...

mirip crita penampakan hitam-hitam besar di scooby doo! hii..

المعلوماتى said...

can i put our ads adsens in your blog