Trouble Shoting di "Pabrik Susu"

Mungkin kata "Kolam Susu" sudah tidak asing lagi untuk banyak orang, khususnya untuk para penggemar lagu-lagu dari Group Band Koes Plus, karena salah satu lagu nya yang menjadi Top Hits adalah lagu Kolam Susu. Nah, kalau "Pabrik Susu" yang aku maksudkan disini tidak ada hubungannya dengan lagu Kolam Susu nya Koes Plus, karena "Pabrik Susu" yang dimaksud ini hanya istilah atau sebutan canda kami yang pernah bekerja di lingkungan STO Gambir untuk salah satu Unit Kerja yang berada di lingkungan STO Gambir.

Sekitar tahun '90-an di STO Gambir sebagai STO yang besar, banyak sekali Unit Kerja yang berada dan bekerja di lingkungan ini yang semuanya masuk dalam struktur organisasi KDJP. Diantaranya adalah Unit Kerja Penerangan Lokal atau lebih dikenal dengan sebutan Penerangan/108 yang berada di bawah Subdin Penerangan Lokal (PenLok) dan Unit Kerja Telepon Antar Daerah atau lebih dikenal dengan sebutan Interlokal/100 yang dibawah Subdin Telepon Antar Daerah (Telanda).

Nah, dari kedua unit kerja inilah istilah "Pabrik Susu" muncul karena ke dua unit kerja ini petugas nya atau operator nya di dominasi oleh kaum wanita. Kalau suasana di ruang kerja ke dua unit kerja tersebut nyaris sama, karena tugas mereka memberikan pelayanan dengan menggunakan suara melalui perangkat khusus sejenis "switch board" sehingga disaat-saat tertentu mereka begitu jenuhnya bekerja dan harus istirahat setelah bekerja selama beberapa jam. Dan suatu hal yang lumrah, dalam kejenuhan bekerja apabila ada orang yang masuk ruangan kerja mereka khususnya kalau ada pria yang masuk akan menjadi perhatian mereka.

Hal ini pernah aku alami ketika pertama kali masuk ke salah satu ruangan kerja mereka, ketika akan memperbaiki sesuatu gangguan teknis. Dari mulai masuk ke ruangan sampai ke lokasi yang akan aku perbaiki dan bekerja untuk perbaikan, nyaris semua mata operator yang sedang bertugas memperhatikan aku. Risih juga dibuatnya, karena bekerja dan diperhatikan oleh banyak pasang mata wanita. Namun menjadi hal yang biasa ketika sudah sering masuk keruangan tersebut dan kenal dengan beberapa operator yang bertugas.

Sekarang sesuai dengan perkembangan teknologi dan perubahan organisasi, kedua Unit Kerja tersebut sudah tidak ada lagi. Pelayanan untuk informasi atau penerangan dilakukan oleh suatu unit kerja baru yang nampaknya karyawannya atau operatornya sudah gabungan antara pria dan wanita, jadi istilah "Pabrik Susu" hanya istilah untuk unit kerja dimasa lalu he he he ........ !

1 comments:

rahmatmh said...

Wah sayang dong hehe...
Jarang2 ane diperhatiin wanita :D
Itu di Gambirnya dibagian mana sih? Di penjualan tiket banyak yg cowok tuh :(