Sekolah (1)

Saat pertama sekali aku memasuki Pendidikan sebelum bekerja di Telkom adalah mengikuti Program D-2 atau saat itu lebih dikenal dengan sebutan Pendidikan Menengah Teknik Telekomunikasi yang di selenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Pos dan Telekomunikasi (LEMDIK POSTEL) saat itu. Untuk menjadi siswa di Lembaga Pendidikan ini juga tidak mudah, Ujian saringan masuk yang diadakan secara bertahap bisa aku lalui dan akhirnya aku berhasil diterima menjadi salah satu siswa di LEMDIK POSTEL.

Saat memulai Pendidikan sekitar pertengahan tahun 1972 semuanya mendapatkan pendidikan dasar tentang Telekomunikasi termasuk pelajaran praktek untuk setiap jurusan yang ada saat itu. Jurusan yang saat itu ada adalah Jurusan Teknik Radio atau kalau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Teknik Transmisi, kemudian Jurusan Teknik Telepon dan terakhir Jurusan Teknik Telegrap. Nah setelah mengikuti Pendidikan Dasar dan selesai ujian Semester pertama, aku masuk ke Jurusan Teknik Telegrap. Aku tidak tahu dasar penjurusan ini mengingat walaupun ada Jurusan Pilihan namun pada prakteknya hasil ujian lah yang menentukan.

Keunikan dari Jurusan Teknik Telegrap ini adalah bisa belajar secara end to end dari semua Teknologi Telegrap. Mulai dari belajar Terminal Telegrap yang masih digunakan saat itu yaitu Terminal Morse sampai Teleprinter yang berbagai macam type yang semuanya masih menggunakan system mekanis karena type yang elektronis belum ada saat itu, kemudian belajar Transmisi Telegrap dari pesawat Carrier yang ditumpangkan ke saluran Telepon sampai ke VFT (Voice Telegrap Transmission). Istimewanya pelajaran Transmisi di Transmisi Telegrap ini yang nyaris sama dengan yang di pelajari di Teknik Radio, semua peralatan masih menggunakan teknologi "Tabung" belum dikenal yang namanya IC atau Transistor walapun sudah belajar secara teori nya. Dan terakhir adalah Sentral Telegrap atau lebih dikenal dengan sebutan Sentral Telex.

Pelajaran pendukung lainnya aku juga mendapatkan antara lain pelajaran keuangan, perlengkapan (Logistik sekarang) dan pelajaran administrasi lainnya. Kami diberi pembakalan lengkap mengingat saat itu bila di tempatkan diharapkan untuk bekerja sudah bisa langsung bekerja sendiri tanpa ada pembimbing di lokasi bekerja nantinya

Akhirnya di pertengahan tahun 1974 aku berhasil menyelesaikan pendidikan dan berhak diangkat sebagai Calon Pegawai PERUMTEL (PT Telkom saat itu) dengan pangkat Pengatur Muda Teknik atau disingkat menjadi Pmtnt yang dikemudian hari berubah menjadi Pamtk dengan Golongan Dasar berdasarkan PGPS (Peraturan Gaji Pegawai Sipil) saat itu adalah Golongan II-A1 dan mendapatkan Gaji Dasar Rp.1.970,- !

0 comments: